DEALER ISUZU BEKASI CIKARANG JAKARTA TANGERANG

Kami Dealer Isuzu melayani penjualan: Bekasi, Karawang, Cikarang dan Luar DaerahKami adalah distributor dan dealer resmi mobil dan truk Isuzu terbesar di Indonesia

Menu

Cara Mengatasi RPM Mobil Yang Naik Sendiri

Wednesday, January 29th 2014.
Cara Mengatasi RPM Mobil Yang Naik Sendiri- Hampir semua mobil saat ini sudah menggunakan sistem injeksi dengan menggunakan sensor-sensor yang terintegrasi dengan perangkat komputer. Terkadang sering kita jumpai mobil dengan sistem injeksi yang RPM nya tiba-tiba naik sendiri padahal pedal gas tidak di injak. Tentu hal tersebut sangat membahayakan apalagi pada mobil-mobil matic. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?
Cara Mengatasi RPM Mobil Yang Naik Sendiri
RPM Mobil Yang Naik Sendiri
RPM atau putaran mesin yang tiba-tiba naik sendiri biasanya terjadi pada mobil yang jarang di service. Hal tersebut dikarenakan kotornya beberapa komponen. Karena mobil dengan sistem injeksi ini bekerja berdasarkan sensor maka apabila salah satu sensornya ataupun aktuatornya bermasalah (kotor) maka akan berpengaruh pada kinerja engine. Berikut ini adalah beberapa penyebab RPM atau putaran mesin yang tiba-tiba naik sendiri:
1. Idle Speed Control (ISC) Bermasalah
Apabila terjadi kebocoran udara pada katup servo akibat adanya kotoran maka mengakibatkan putaran mesin akan naik. Hal ini dikarenakan tekanan udara yang masuk ke silinder diukur dengan MAP sensor yang kemudian di kalkulasi oleh ECU. Jadi jika ada penambahan udara, maka secara otomatis putaran juga akan ikut naik. Cara mengatasinya dengan melepas ISC kemudian semprot dengan cairan pembersih dan bersihkan dengan udara bertekanan.
2.  Air Flow Sensor Unit Kotor
Kurang menjaga kebersihan dari filter udara dan air flow sensor unit juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu lakukan pembersihan secara rutin, khusus untuk filter udara lakukanlah penggantian secara berkala.
3. Selang vakum bermasalah
Selang vakum khususnya yang menuju MAP sensor jika tersumbat atau bocor juga bisa menyebabkan putaran mesin naik dengan sendirinya. Jika tidak percaya cobalah lepas selang MAP sensor dari intake manifold, maka otomatis putaran mesin akan naik dengan sendirinya. Untuk itu lakukan pengecekan pada selang tersebut pastikan tidak ada masalah.
Demikian tadi penyebab dan cara mengatasi jika RPM mobil anda tiba-tiba naik sendiri. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka lakukanlah service secara berkala.
ISUZU ELF, GIGA, BISON, PICK UP PANTHER DMAX 4X4 BOX BAK DUMP LOSBAK CRANE TRAILER Call 0877 4166 3126

Mobil Terbaru

Related Article Cara Mengatasi RPM Mobil Yang Naik Sendiri

Sunday 29 June 2014 | mesin, sepeda motor

Cara Mengganti Oli Motor – Oli pada sepeda motor memiliki peran yang sangat vital. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi komponen-komponen mesin yang berputar. Mesin pada…

Friday 23 May 2014 | Cara mengemudi Mobil, mobil

Cara mengemudi Mobil Matic -Mobil dengan transmisi otomatis atau yang dikenal dengan mobil matic memang banyak diminati. Pasalnya dalam mengendari mobil matic ini tidak ribet…

Cara Membaca Kode Oli Mesin MOBIL ISUZU – Oli pelumas sangat vital peranya pada mesin baik motor maupun mobil. Setiap mesin memiliki karakteristik sendiri-sendiri oleh…