DEALER ISUZU BEKASI CIKARANG JAKARTA TANGERANG

Kami Dealer Isuzu melayani penjualan: Bekasi, Karawang, Cikarang dan Luar DaerahKami adalah distributor dan dealer resmi mobil dan truk Isuzu terbesar di Indonesia

Menu

Inilah Cara Menyetel Klep Satria F 150

Monday, April 14th 2014.
Klep atau katup dalam sebuah mesin pembakaran dalam berfungsi sebagai pengatur masuknya campuran bahan bakar dan keluarnya gas hasil pembakaran. Celah antara katup dengan dan pematuk perlu disesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Biasanya pada sepeda motor celah katupnya adalah 0,05 mm hingga 0,15 mm. Untuk mengukurnya dibutuhkan alat yang bernama feeler gauge. Lalu apa akibatnya jika celah tersebut terlalu besar atau terlalu kecil? Secara logika jika misalnya celah katup masuk terlalu besar maka akan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menekan katup sehingga katup terlambat membuka akibatnya jumlah campuran bahan bakar yang masuk kurang dari seharusnya. Dan kasus ini bisa ditengarai dengan suara gemercik dari bagian atas mesin (kepala silinder). Sedangkan sebaliknya jika katup masuk terlalu sempit maka pada saat proses pembuangan gas buang bisa masuk ke intake manifold dan bisa ditengarai dengan warna hitam pada intake manifoldnya. Intinya jika celah katup tidak tepat berdampak pada performa mesin yang dihasilkan.
Cara Menyetel Klep Satria F 150
shim penyetel Klep Satria F 150 
Sebagian besar konstruksi katup pada sepeda motor menggunakan rocker arm sehingga penyetelanya dengan mengendurkan baut dan menyetel celah pada rocker arm tersebut. Namun ada juga yang menggunakan shim untuk melakukan penyetelah celah katup salah satunya pada Satria F 150. Nah shim tersebut mempunyai ketebalan yang berbeda-beda tinggal disesuaikan pada kebutuhan. Misalnya jika digunakan untuk perjalanan jauh seperti touring mungkin lebih baik menggunakan celah yang lebih renggang karena tarikanya akan lebih enteng. Untuk menentukan ukuran shim yang akan digunakan bisa melihat pada table berikut ini:
Cara Menyetel Klep Satria F 150

Cara menyetel Celah Katup Satria FU

  1. Lepaskan tutup kepala silinder dengan melepas baut berjumlah 4
  2. Posisikan piston pada TMA (titik mati atas) dan dalam kondisi kompresi yang ditengarai dengan kedua katup dalam kondisi bebas. Pastikan juga lubang blok magnet tepat pada tanda T.
  3. Siapkan feeler gauge dan ukur celahnya dengan menyisipkanya dibawah noken as.
    Cara Menyetel Klep Satria F 150
    Mengukur Celah Klep Satria F 150 
  4. Pada celah katup Satria F 150 standar adalah 0,1-0,2 mm untuk katup in dan 0,2-0,3 untuk katup ex (mesin dalam keadaan dingin)
  5. Jika didapatkan celah yang tidak sesuai lepaskan rumah shim dan noken asnya. Perhatikan angka yang tertera pada shim kemudian gantilah dengan yang sesuai.
  6. Sebagai contoh misalnya celah terukur 0,05 sedangkan standarnya adalah 0,1 dan shim yang digunakan berukuran 1.80, maka agar celah menjadi 0,1 shim diganti dengan ukuran 1.75.
Cukup mudah bukan menyetel klep Satria FU? Konstruksi katup seperti pada Satria F 150 ini memang lebih mudah dalam penyetelahnya selain itu celah lebih tahan terhadap perubahan . 
ISUZU ELF, GIGA, BISON, PICK UP PANTHER DMAX 4X4 BOX BAK DUMP LOSBAK CRANE TRAILER Call 0877 4166 3126

Mobil Terbaru

Related Article Inilah Cara Menyetel Klep Satria F 150

Sunday 29 June 2014 | mesin, sepeda motor

Cara Mengganti Oli Motor – Oli pada sepeda motor memiliki peran yang sangat vital. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi komponen-komponen mesin yang berputar. Mesin pada…

Friday 8 May 2015 | hid, lampu, sepeda motor

Cara Memasang Lampu HID Pada Motor – Lampu HID memiliki pancaran cahaya yang lebih terang dari lampu standar. Oleh sebab itu banyak yang menggemarinya dan…

Friday 21 February 2014 | sepeda motor, tips

Cara Merawat Oil Cooler Satria F150- Banyak yang salah kaprah yang mengira oil cooler pada Satria F150 adalah radiator. Jika dilihat sekilas memang ada kesamaan…