DEALER ISUZU BEKASI CIKARANG JAKARTA TANGERANG

Kami Dealer Isuzu melayani penjualan: Bekasi, Karawang, Cikarang dan Luar DaerahKami adalah distributor dan dealer resmi mobil dan truk Isuzu terbesar di Indonesia

Menu

Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Saturday, May 24th 2014.
Meskipun kedengaranya mudah, namun ternyata masih banyak kalangan yang mempertanyakan bagaimana cara mengendarai motor kopling. Pada dasarnya semua sepeda motor memiliki kopling hanya saja jenisnya berbeda-beda. Kopling inikan sebuah perangkat didalam sepeda motor maupun mobil yang berfungsi memutus dan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi. Nah yang dimaksud motor kopling disini adalah motor yang menggunakan kopling manual (ada handle kopling di setang kemudi). Kebanyakan kopling manual ini diaplikasikan pada motor sport seperti Yamaha vixion, Honda CBR, Kawasaki Ninja RR mono, dll.
Jika pada motor bebek anda tinggal injak tuas transmisi saja ketika akan berpindah gigi, hal ini karena adanya kopling otomatis. Namun kelemahanya banyak tenaga yang hilang di kopling otomatis tersebut. Nah maka dari itu semua motor sport menggunakan kopling manual sebagai alat pemindah daya. Jika anda akan berpindah gigi maka harus memainkan tuas kopling yang ada di setang kemudi. Selain itu perbedaan lainya adalah pola pemindahan gigi. Pada umumnya sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Nah untuk pindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, untuk berpindah ke gigi 2 hingga 5 gerakan ke belakang. Berikut kami sajikan cara mengendarai motor kopling dengan mudah:
  1. Putar kunci kontak pada posisi “ON”
  2. Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalanya lampu indicator (biasanya berwarna hijau) kemudian tekanlah tombol starter. Yang perlu diperhatikan dalam menekan tombol starter ini jangan terlalu lama, maksimal 3 detik. Karena jika terlalu lama bisa menyebabkan aki tekor.
  3. Untuk menjalankan motor masukan gigi transmisi ke posisi gear 1. Caranya tarik terlebih dahulu handle kopling, baru injak tuas transmisi kearah depan. 
  4. Inilah yang kebanyakan orang yang baru belajar mengendarai motor kopling kesulitan. Saat akan berjalan biasanya melepaskan tuas kopling secara mendadak, akibatnya motor langsung mati. Untuk itu lepaskanlah tuas kopling secara perlahan diiringi dengan memutar handle gas secara perlahan.
  5. Jika kendaraan sudah berjalan maka mulailah untuk melepaskan tuas kopling/ handle rem. Setelah kendaraan berjalan kira-kira 10 Km/ jam lakukanlah penggantian ke gear no.2. Caranya dengan menekan tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Nah yang perlu diperhatikan adalah dalam menekan tuas kopling ini tekanlah secara penuh sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan melakukan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan cara yang sama.
  6. Nah jika ingin berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta diiringi menekan tuas rem.
  7. Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi ½ saja, jika penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.
  8. Setelah gigi transmisi ke posisi netral, anda boleh melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi “off”
Itulah langkah-langkah dalam mengendarai motor kopling. Dengan latihan secara terus menerus, anda pasti bisa mengendarai motor kopling dengan benar. Selamat Mencoba..
ISUZU ELF, GIGA, BISON, PICK UP PANTHER DMAX 4X4 BOX BAK DUMP LOSBAK CRANE TRAILER Call 0877 4166 3126

Mobil Terbaru

Related Article Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Friday 24 July 2015 | kelistrikan, sepeda motor

Cara Membuat Charger Hp Di Motor – Handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Kemanapun kita pergi, pasti tidak lepas dari perangkat yang satu ini.…

Saturday 26 April 2014 | sepeda motor

Honda New Vario Fi adalah produk terbaru dari Honda yang memiliki fitur unik, karena tidak dimiliki oleh motor-motor lainya. Sepeda motor berkapasitas 110 cc tersebut…

Penyebab Aki Cepat Tekor – Baterai atau aki pada sebuah sepeda motor memang memiliki peran yang cukup vital. Komponen ini berfungsi sebagai sumber kelistrikan seperti…