Authorized Dealer Isuzu PT PRIMA ISUZU Cikarang

Hubungi : 0812-8146-1616 - 0877 4166 3126

Menu

Cara Isuzu Buktikan Truk GIGA Kuat dan Irit Bahan Bakar

-

Tapi yang ingin dibuktikan Isuzu kali ini bukan sebatas pada performa dan durabilitas truk diesel ciptaanya. Lebih jauh si Rajanya Diesel berusaha meyakinkan betapa truk-truk yang dipasarkan di seluruh dunia bisa memberi keuntungan lebih kepada pengusaha angkutan.

isuzu giga

isuzu giga

Sekaligus pada kesempatan itu Isuzu ingin mengatakan bahwa seluruh truk terbarunya telah dirancang dengan teknologi tinggi. Dengan kata lain, seluruh teknologi yang disematkan merupakan hasil riset mendalam, sehingga sesuai untuk kebutuhan kendaraan-kendaraan komersial yang beroperasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pendeknya, pada kesempatan pengujian ini Isuzu berani bertaruh kalau truk yang telah dibeli konsumen-konsumen setianya di Indonesia mampu meringankan beban oprasional. Salah satunya dalam penghematan konsumsi solar dan penggantian komponen.

Karena itu, sekitar 30 konsumen setia diberi kesempatan untuk mencoba truk secara langsung di lintasan pengujian. Di sini Isuzu akan mengajarkan dua teknik, yaitu pelatihan kemahiran berkendara hemat bahan bakar dan penilaian dampak dari mengemudi hemat bahan bakar.

Empat truk Isuzu C&E-Series dengan merek dagang GIGA berpenggerak roda 6×2 dengan transmisi 7-speed manual disiapkan untuk kegiatan itu. Seluruh truk kelas berat tersebut merupakan unit-unit baru, lengkap dengan boks kargo aluminium tertutup.

Untuk diketahui, GIGA yang berbobot 25 ton mengusung mesin tipe 6UZ1-TCS bertenaga 380hp dengan suspensi udara. Terdapat dua model transmisi untuk GIGA, yaitu manual dan otomatis. Truk yang mengusai segmennya di Australia dan Selandia Baru, serta semakin kuat di pasar China dan Hong Kong tersebut diklaim mampu memangkas biaya operasional dan berkeselamatan tinggi.

isuzu giga ukuran

isuzu giga ukuran

Pada tahap pertama pengujian seluruh pengusaha truk asal Indonesia tersebut diberi kesempatan mengendarai GIGA di sirkuit lurus untuk pengujian kecepatan tinggi. Karena menganggap sebagai pengujian biasa, maka hampir semua peserta, termasuk Dapurpacu.com, melarikan GIGA dengan kebiasaan mengemudi sehari-hari.

Kami semua belum sadar bahwa kala itu sebenarnya Isuzu sedang melihat kebiasaan orang-orang Indonesia mengemudikan truk. Bahkan sebuahalat diagnosis canggih Mimamori (Monitoring) System memantau segala aktifitas berkendara, tanpa bisa dimanipulasi.

Dengan Mimamori System kita bisa tahu sebarapa tinggi pengemudi menginjak pedal gas, waktu menginjak rem, penggunaan transmisi, kecepatan laju, hingga kosekuensi pada penggunaan bahan bakar. Mimamory System sendiri merupakan alat besar sebesar lemari yang dikontrol sedemikian rupa lewat komputer dan mampu pengiriman data melalui GPS dan GPRS.

Hasilnya, semua peserta tercengang mana kala melihat lampiran hasil pengujian masing-masing yang dikeluarkan Mimamory System. Hampir semua peserta tergolong sebagai pengemudi yang tak efisien. Artinya, kami semua termasuk pemboros solar.

Sebagai contoh, pada pengujian pertama Dapurpacu.com hanya memperoleh total nilai 51 poin dari nilai maksimal 100 poin. Ironisnya, banyak di antara peserta yang justru meraih nilai di bawah 50 poin. Nilai tersebut menerangkan bahwa rata-rata peserta belum cukup efisien dalam mengendarai truk. Apalagi tak sedikit peserta yang melarikan truk hingga kecepatan di atas 80 km/jam.

Atas hasil tersebut, pihak Isuzu kemudian memberikan beberapa trik berkendara hemat bahan bakar. Kami dijelaskan tentang mengapa mendapat hasil buruk. Kami juga disarankan agar mengikuti langkah-langkah teknik efisiensi.

Dari situ, kami kemudian digiring masuk lintasan kembali. Metode yang telah diterangkan dijalankan setiap peserta. Hasilnya cukup mengejutkan. Rata-rata peserta mampu menaikkan nilai secara signifikan. Dapurpacu.com bahkan sanggup meraih total nilai 95 poin, atau selisih5 poin dari dua peserta peraih nilai penuh 100 poin. beginilah Cara Isuzu Buktikan Truk GIGA Kuat dan Irit Bahan Bakar.

Dari hasil diagnosa diterangkan bahwa Dapurpacu.com telah membuat kecepatan laju ideal, di bawah kebiasaan sehari-hari. Waktu pelepasan transmisi juga dikatakan tepat dengan putaran mesin di bawah 1.200rpm. Sebanyak 61 persen perjalanan dicatat menggunakan gear paling tinggi, yaitu transmisi ke-7.

Kedalaman menginjak pedal gas dikatagorikan sangat ideal karena tidak terlalu dalam, dan sering melepas pedal gas ketika truk sudah meluncur d kecepatan ideal. Dapurpacu.com pun dinilai mampu memainkan putaran mesin untuk mengurangi laju, serta memanfaatkan rem dalam jarak penghentian yang tepat.

Dalam pengujian sejauh 2,8 km dengan waktu tempuh 5 menit Dapurpacu.com hanya menghabiskan solar sebanyak 0,7 liter atau menghasilkan rata-rata konsumsi bahan bakar 3,95 km/liter. Menurut Isuzu hasil yang diterima Dapurpacu.com tergolong sangat bagus (very good).

Padahal dalam pengujian pertama Dapurpacu.com hanya bisa menghasilkan rata-rata konsumsi bahan bakar 2,6 km/liter atau total 1,1 liter. Nilai buruk itu diterima karena ketika memacu di lintasan sepanjang 2,8 km Dapurpacu.com itu hanya membutuhkan waktu 4 menit. Bayangkan, untuk 1 menit waktu lebih cepat konsekuensi yang harus dibayar adalah 1 liter solar lebih boros.

Call Center : 0877 4166 3126

Mobil Terbaru

Related Article Cara Isuzu Buktikan Truk GIGA Kuat dan Irit Bahan Bakar

Tuesday 11 February 2014 | isuzu, terpal

Setelah mengakuisi lahan seluas 30 hektar di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Oktober 2013 lalu PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melakukan peletakan batu pertama menandai…

Thursday 12 April 2018 | Dealer Isuzu, isuzu

hub : 021-91125604 atau website resmi kami Kualitas Pekerjaan Terbaik SUMBER DAYA MEKANIK HANDAL Keterampilan dan keahlian mekanik sangat penting dalam menjaga kualitas pekerjaan bengkel.…

Thursday 15 March 2018 | Dealer Isuzu, isuzu

Spesifikasi Unit Mobil Dental KIT:  Aplikasi ISUZU ELF 4 Ban ( NHR-55 CO ) ” DENTAL UNIT “ 1.  Jok depan original 2.  Bahan Plat…