Jika suatu saat kendaraan Anda terpaksa menerjang banjir yang dirasa cukup dalam, sebaiknya lakukan pemeriksaan segera untuk mengetahui apakah air menyentuh bagian-bagian yang riskan terhadap air.

Periksalah kondisi motor starter untuk memastikan komponen vital ini aman dari air. Bila perlu lakukan pembongkaran di bengkel. Air yang masuk ke dalam komponen yang satu ini biasanya sulit menjadi kering.

Akibat konstruksinya yang semi tertutup, membuat panas mesin justru semakin menghambat proses pengeringan, karena air akan menguap dan mengembun kembali di dalamnya dan dalam beberapa waktu ke depan mampu mengundang karat.

Karat yang timbul ini sangat berpotensi menghambat kinerja komponen yang bergerak di dalamnya sehingga mesin kendaraan sulit dihidupkan akibat macetnya sistem kopling selenoid maupun macetnya rotor pada motor starter akibat karat yang timbul di seputar porosnya.

Periksa juga kondisi alternator yang biasa disebut dengan dinamo amper. Komponen pemasok kelistrikan ke aki ini di dalamnya terdapat komponen elektronik yang rentan terhadap air.

Selain terdapat dioda-dioda rectifier yang berfungsi mengubah arus AC menjadi DC, alternator juga dilengkapi rangkaian penstabil tegangan yang dinamai regulator. Komponen elektronik ini juga riskan jika terkena air.

Gunakan kompresor bertekanan tinggi untuk membantu proses pengeringan dengan mengarahkan nosel kompresor ke sela-sela alternator. Bila perlu bongkar untuk memastikan sudah tidak ada lagi air yang bersarang di dalamnya.

Proses pengeringan ini lebih mudah karena rrumah alternator biasanya memiliki lubang-lubang yang berfungsi sebagai ventilasi untuk membuang panas.

Periksa juga kondisi modul-modul elektronik seperti modul ABS, ECU dan lain-lain, meskipun umumnya komponen-komponen itu dilengkapi dengan sekat karet untuk mencegah air masuk. Gunakan kompresor bertekanan tinggi untuk mengusir sisa-sisa air yang bersarang di celah-celah tersembunyi.

Bersihkan seluruh kendaraan di bengkel pencucian, terutama bagian kolong untuk mengusir lumpur-lumpur yang tersisa.

Jika air sempat masuk ke dalam kabin dan membuat karpet kendaraan Anda basah, sebaiknya segera dibawa ke salon mobil atau bengkel kendaraan yang menyediakan fasilitas pencucian karpet.

Karpet yang basah akan menimbulkan aroma yang tidak sedap dan sulit dihilangkan serta mempercepat timbulnya karat di bagian lantai kendaraan Anda.

harga isuzu