Kehadiran perdana Panther pada 1991 dan terus mengalami pengembangan, baik dari sisi penampilan maupun kenyamanan. Seperti pada 2011 PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melakukan minor change dengan varian Touring dan Grand Touring.

Khusus untuk Grand Touring ada tambahan berupa garnish untuk foglamp, side step, desain pelek baru, rear combination lamp, wiper belakang dan rear view camera yang terkoneksi dengan head unit bermonitor.

dealer-mobil-isuzu-giga-

dealer-mobil-isuzu-giga-

Interior juga turut dise­garkan dengan penggantian ornamen panel pintu menggunakan bahan kulit serta penambahan row seat locking untuk jok di baris ketiga. Sedangkan pada varian Touring, varian ini diberi sentuhan pada sisi rear combination lamp serta 3rd row seat locking.

Sektor mesin, Isuzu masih mempertahankan unit berkode 4JA1-L Direct Injection berkapasitas 2.499 cc turbocharger yang mampu mengeluarkan 80 dk dan torsi 191 Nm. Dengan jejak rekam selama 20 tahun lebih, tidak salah bila Panther didapuk sebagai legenda diesel di Indonesia.

HISTORY

1991 Generasi perta­ma  Isuzu Panther diproduksi pada tahun 1991 sampai tahun 1996 dengan kode produksi TBR-52 dan generasi keduanya pada tahun 1996 sampai tahun 2000 dengan kode produksi TBR-54 dan Sejak tahun 2000 beredar Isuzu Panther generasi ke-3 dengan kode produksi TBR-541.

2000 Pada 2000 diluncurkan Isuzu New Panther 160, dengan kapasitas mesin 2.500cc Diesel Direct Injection. Tidak berselang lama pada tahun 2001, Isuzu New Panther 160 Touring diluncurkan oleh PT. Pantja Motor.

2009 Di semester awal 2009 ini, Isuzu meluncurkan varian baru Panther Facelift. Perubahan yang jelas dibanding Panther model lama adalah pada bagian gril dan sedikit perubahan pada interior sehingga Panther Facelift ini tampilan lebih gagah.

2011 Kembali Isuzu mel­akukan minor change namun kali ini hanya pada varian Touring dan Grand Touring. Beberapa perubahan pada eksterior dan interior terlihat pada varian tersebut.

CHECKLIST

Karat
Beberapa konsumen mengeluhkan bagian kolong mobil yang cepat korosi atau berkarat. Umumnya sering ditemui pada bagian bawah pintu. Cek terlebih dahulu apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

Timing gear
Penggunaan oli mesin yang tidak tepat dan tidak teratur diganti akan menyebakan komponen ini cepat rusak. Salah satu cirinya ialah suara mesin yang terdengar lebih kasar. Meskipun jarang rusak, tidak ada salahnya Anda memeriksanya sebelum membeli.

PERHATIKAN

Injektor
Mesin diesel yang digunakan Panther tahun 2009 sudah tergolong modern dan sedikit mengeluarkan asap hitam. Namun bila Anda melihat asap hitam pekat keluar dari knalpot, ada kemungkinan injektornya bermasalah. Salah satu caranya ialah harus dikalibrasi ulang untuk mengembalikan performa mesin.

Suspensi
Suspensi bagian belakang Panther sering ditemukan terasa keras. Hal ini disebabkan penggunakan sokbreker gas. Anda bisa menggantinya dengan jenis oli agar terasa lebih nyaman untuk penumpang belakang.

REKOMENDASI

Kami merekomendasikan varian Grand Touring produksi 2012 karena telah mempunyai fitur lengkap serta tampilan lebih fresh. Meskipun harganya mencapai Rp 215 juta, tetapi masih masuk akal mengingat harga barunya mencapai Rp 269,5 juta. Terlebih usianya baru 2 tahun sehingga minim kerusakan berat. Hanya perlu cek kondisi mesin apakah rutin dilakukan perawatan berkala atau tidak.

PENDAPAT BENGKEL

Berbicara soal Isuzu Panther, mobil ini mempunyai mesin yang tangguh dan juga hemat. Interiornya juga cocok untuk keluarga di Indonesia. Tetapi yang harus diperhatikan ialah diesel tidak seperti dulu yang tidak perlu perawatan berkala. Pastikan pemilik sebelumnya tidak malas untuk menservis rutin mobilnya dan perhatikan komponen timing gear.

harga isuzu