ISUZU EURO 4
Isuzu Euro 4 adalah platform mesin Isuzu dengan Emisi rendah yang akan di luncurkan di bulan April 2022 , dan Isuzu telah siap sesuai aturan dan Regulasi peraturan pemerintah tentang EURO 4.
Isuzu Euro 4 dengan MESIN baru dan spesifikasi pendukung mesin euro 4 telah di persiapkan dan akan di produksi dengan segera di bulan Maret 2022 oleh Isuzu untuk semua Model dan Variant Isuzu yang di jual di Indonesia dan yang di Export.
Isuzu EURO 4 dilakukan perubahan pada sektor MESIN dan pendukungnya , secara spesifikasi teknik baik secara Dimensi maupun spesifikasinya tidak banyak berubah, dan untuk pemakaian serta pergantian spare part hanya di sektor Mesin dan pendukungnya saja, di klain perubahan tidak mencapai 10% nya dari Spesifikasi kendaraan. dan bagi pemilik dan pemakain kendaraan ISUZU dengan spesifikasi EURO 2 masih dapat melakukan pergantian spare part.
Untuk itu berikut kami tampilkan Harga Isuzu terbaru dengan spesifikasi mesin EURO 4. berdasarkan harga yang di keluarkan oleh ATPM Isuzu Astra Motor Indonesia Marketing Departemen per Februari 2022.
ISUZU EURO 4
Isuzu Euro 4 sudah menjadi flatform di semua Type dan Variant Isuzu. seperti :
ISUZU TRAGA
- DIMENSI : P4520 X 1705 X 1985 mm
- MESIN : TYPE 4JA1-CR , 2499 CC
- TENAGA : 80PS/ 3800 RPM
- TORSI : 19,5 KGM/ 1900 RPM
- GVW : 2950 KG
- TRANSMISI : 5 SPEED.
- GEAR RATIO : 4,7
ISUZU ELF
Isuzu Elf memiliki 2 model, yakni 4 ban dan 6 ban atau disebut dengan CDE dan CDD ( Cold Diesel Enkel dan Colt Diesel Double ).
Dan masing masing model memiliki Variant tersendiri sesuai kegunaan dan pemakaian jenis barang dan angkutannya.
ISUZU ELF MICROBUS
Isuzu Elf Microbus terdiri dari 2 Variant, yakni 20 seat dan 16 seat.
masing masing Variant memiliki Grid dan kelas masing masing, seperti :
- Type Standart
- Type Semi Deluxe
- Type Deluxe
ISUZU GIGA
Isuzu GIGA adalah model truk medium dan Heavy Duty nya Isuzu, terbagi dalam beberapa model, Giga 4×2 (4 & 6 cylinder), Giga 6×2 10 ban, dan Giga 6×4 10 ban, serta Giga Tractor Head.
Isuzu Giga paling Banyak terdapat Variant nya, karena untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan kendaraan berat di berbagai bidan keperluan dan aplikasi angkutan.
KESAMAAN PART ISUZU EURO 4 DAN ISUZU EURO 2
Jaringan ISUZU meliputi 108 Outlate dan 2.403 Partshop Partner di seluruh Indonesia
ISUZU TRAGA 90% PART SAMA
ISUZU ELF 83% PART SAMA
ISUZU GIGA 90% PART SAMA
EFFISIENSI BAHAN BAKAR PADA ISUZU EURO4 LEBIH BAIK
PEMAKAIAN BBM JALAN TOL | ||
| KOMPARASI | E4 | E2 |
| TYPE/ VARIANT | NLR 85 | NLR 55 |
| Jarak (Km) | 53,4 | 53,4 |
| Pemakaian (Ltr) | 5,3 | 5,9 |
| Rata rata BBM (Km/Ltr) | 10,1 | 9,1 |
| Perbedaan Pemakaian BBM | 10,2% |
| PEMAKAIAN BBM JALAN TANJAKAN | ||
| KOMPARASI | E4 | E2 |
| TYPE/ VARIANT | NLR 85 | NLR 55 |
| Jarak (Km) | 30,8 | 30,8 |
| Pemakaian (Ltr) | 8,74 | 10,36 |
| Rata rata BBM (Km/Ltr) | 3,52 | 2,97 |
| Perbedaan Pemakaian BBM | 15,64% |
| PEMAKAIAN BBM JALAN PERKOTAAN | ||
| KOMPARASI | E4 | E2 |
| TYPE/ VARIANT | NLR 85 | NLR 55 |
| Jarak (Km) | 8,3 | 8,3 |
| Pemakaian (Ltr) | 1,14 | 1,30 |
| Rata rata BBM (Km/Ltr) | 7,30 | 6,39 |
| Perbedaan Pemakaian BBM | 12,46% |
PERUBAHAN VARIANT DARI ISUZU EURO2 MENUJU EURO4
Perubahan yang terjadi pada Produksi Isuzu di model EURO4 terhadap model EURO2 sangat signifikan, karena perubahan lebih ke arah keseragaman dan perampingan pemakaian Variant terhadap kebutuhan konsumen, dan ini menjadi lebih baik karena Variant menjadi lebih sedikit dan tidak membingungkan. Berikut Definisi perubahan variant tersebut.
| ISUZU GIGA FVZ 6X4 | |
| EURO2 | EURO4 |
| FVZ 34 N HP 6.1 (N) | FVZ N HP M/T |
| FVZ 34 N HP 6.4 (N) | |
| FVZ 34 U HP (N) | FVZ U HP M/T |
| FVZ 34 L HP MX (N) | FVX L MX M/T |
| ISUZU GIGA TRACTOR HEAD 6X4 | |
| EURO2 | EURO4 |
| GVZ 34 K HP ABS (N) | GVZ K HP ABS M/T |
| GXZ 60 K HP ABS (N) | GXZ K HP ABS M/T |
| ISUZU GIGA TRACTOR HEAD 4X2 | |
| EURO2 | EURO4 |
| FVR 34 P TH (N) | GVR J TH M/T |
| GVR 34J HP ABS (N) | GVR J HP ABS M/T |
| ISUZU GIGA FVM 6X2 | |
| EURO2 | EURO4 |
| FVM 34 N (N) | FVM N HP ABS M/T |
| FVM 34 R HP (N) | FVM N M/T |
| FVM 34 U (N) | FVM U M/T |
| FVM 34 U HP (N) | FVM U HP M/T |
| ISUZU GIGA 6X2 RIGIT | |
| EURO2 | EURO4 |
| FRR 90 Q | FRR 90 Q M/T |
| FTR 90 L | |
| FTR 90 P | FTR 90 P M/T |
| FTR 90 S | FTR 90 S M/T |
| FTR 90 T | FTR 90 T M/T |
| FVR 34 L (N) | FVR L D M/T |
| FVR 34 P (N) | FVR P M/T |
| FVR 34 P D (N) | |
| FVR 34 Q (N) | FVR Q M/T |
| FVR 34 S (N) | FVR S M/T |
| FVR 34 U (N) | FVR U M/T |
| ISUZU ELF 4 BAN | |
| EURO2 | EURO4 |
| NLR 55 T (SHORT) | NLR M/T |
| NLR 55 TX (SHORT) | |
| NLR 71 T (SHORT) | |
| NLR 55 B (SHORT) | NLR 55 B M/T |
| NLR 55 BX (SHORT) | |
| NLR 55 BLX (LONG) | NLR 55 BL M/T |
| NLR 71 BL (LONG) |
| ISUZU ELF 6 BAN | |
| EURO2 | EURO4 |
| NMR 71 TSD | NMR |
| NMR 71 T SD L | NMR L |
| NMR 71 HD 5.8 | NMR HD 5.8 |
| NMR 71 HD 6.1 | NMR HD 6.5 |
| NMR 81 T S HD | |
| NQR 71 B | NQR B |
| NQR 81 B | |
| NPS 75 T | NPS |
| NPS 81 T |
BAGAIMANA DENGAN PEMAKAIAN BAHAN BAKAR B30 PADA MESIN COMMONRAIL ?
Bicara dari pengalaman, tekhnologi CommonRail pada isuzu sudah ada sejak tahun 2011, ini menunjukan bahwa tidak masalah untuk penggunaan Bahan Bakar B30 pada mesin CommonRail EURO4 Isuzu. Namun dari itu Isuzu tetap merekomendasikan pemakaian Bahan Bakar yang sesuai.
PERUBAHAN MESIN EURO4 TERHADAP MESIN EURO2
| ISUZU ELF 4 BAN | |
| EURO4 | EURO2 |
| MESIN : 4JJ1-TCC | MESIN : 4JB1-TC |
| TENAGA : 120PS / 2600 RPM | TENAGA : 100PS / 3400 RPM |
| TORSI : 36 Kg.m / 1500~2600 rpm | TORSI : 22,5 Kg.m / 2000~3200 rpm |
| KAPACITY : 2900 CC | KAPACITY : 2771 CC |
| ISUZU ELF 6 BAN | |
| EURO4 | EURO2 |
| MESIN : 4HL1-TCS | MESIN : 4HG1-T |
| TENAGA : 150PS / 2600 RPM | TENAGA : 125PS / 2900 RPM |
| TORSI : 41 Kg.m / 1400~2600 rpm | TOSI : 35 Kg.m / 1200~2200 rpm |
ISUZU TRAGA ALL VARIANT menjadi sbb :
- MESIN : 4JA1 – COMMONRAIL
- TENAGA : 78 ps / 3800 rpm
- TORSI : 17,9 KG.M/ 1800-2400 RPM
Sedangkan untuk Variant Isuzu GIGA FTR 4×2 RIGID menjadi sbb :
- MESIN : 4HK1-TCS
- TENAGA : 210 PS / 2600 RPM
- TORSI : 72 KG.M / 1600-2600 RPM
Dan untuk Variant Isuzu GIGA Tractor Head GVR J TH dan GXZ K ABS TH menjadi :
- MESIN : 6NX1-TCS
- TENAGA : 350 PS / 2000 RPM
- TORSI : 135 KG.M / 1300-1700 RPM

